gambar


Profile

Pelayanan Publik institusi di bawah tanggung jawab pembantu rektor 4 universitas. Dalam prakteknya, lembaga ini berfungsi sebagai kantor khusus dikepalai oleh Pembantu Rektor 4 Universitas. Fungsi utamanya adalah sebagai pusat atau jasa koordinator publik di tingkat Universitas. Pada posisi seperti itu maka kegiatan pelayanan publik di Universitas Gunadarma melakukan sharing sumber daya dalam menyediakan fasilitas.

  • Mengingat perkembangan kegiatan PKM di tingkat nasional : adanya Konsorsia Peningkatan Keluarga Pra-Sejahtera dan Desa Tertinggal (KPKPDT) di mana Universitas Gunadarma menjadi salah satu pengurusnya.
  • Perkembangan terakhir kegiatan PKM intern Universitas Gunadarma selama periode Maret 1997 sampai dengan Februari 1999 :

a.       Dari segi kelompok sasaran yang telah mengembangkan kegiatan dari satu kasus kelurahan binaan, Kelurahan Lenteng Agung, menjadi satu kasus binaan kecamatan, Kecamatan Jagakarsa, disertai dengan peningkatan jumlah kasus yang dibina dari 2 kasus kelompok Prokesra-UPPKS menjadi 11 kasus kelompok Prokesra-UPPKS dan 4 koperasi primer.

b.      Dari ssegi pencapaian hasil, dua kelompok Prokesra-UPPKS binaan telah dapat mencapai nilai Sertifikasi Kelayakan Usaha (SKU) menurut BKKBN dengan nilai 70 untuk kelompok Melati dan 94 untuk kelompok Kecubung.

c.       Dari 9 kelompok yang baru dibina, ada minimal 2 kelompok, yaitu Nusa Indah dan Sirsak, yang menunjukkan perkembangan kegiatan kelompok, khususnya di bidang usaha ekonomi kecil, yang cukup baik, misalnya dilihat dari segi banyak dan jumlah produksi per bulan dan proses pemasaran produknya serta organisasi kelompok.

  • Mengikuti perkembangan kondisi masyarakatIndonesiasecara umum di mana jumlah penduduk miskin telah meningkat dari sekitar 10 juta menjadi sekitar 80 juta pada tahun 1999.